Tim balap Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) memberikan hadiah ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-80 dengan podium ganda pada ajang balap GT World Challenge Asia (GTWCA) Japan Cup 2025 seri ke-5 dan seri ke-6 yang berlangsung di Okayama International Circuit Jepang pada hari Sabtu-Minggu (30-31/8).
“Selamat kepada Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang berhasil memenangkan Kelas GT4 Japan Cup 2025 6 seri berturut-turut. Kami memulai laga tahun ini dengan semangat yang tinggi berkat hadirnya mobil balap baru GR Supra GT4 Evo 2.” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

Menggunakan mobil balap Toyota GR Supra GT4 Evo 2, Haridarma Manoppo asal Indonesia bersama Seita Nonaka dari Jepang mampu mempertahankan podium juara 6 kali berturut-turut dan membuka peluang besar champion winner karena tinggal menyisakan 2 seri lomba. TGRI sendiri fokus pada ajang Japan Cup 2025 yang khusus diselenggarakan di Jepang.
Total ada 8 seri balap yang juga merupakan bagian dari GTWC Asia yang pada musim 2025 digelar di 5 negara. TGRI turun di kelas GT4 menggunakan mobil buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi, sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara supaya persaingan makin sengit.

Pada race pertama di hari Sabtu (30/8), Haridarma yang mengawali stint pertama start dari posisi ke-1 dengan mulus dan konsisten menjaga pace lomba sampai jendela pit stop dibuka. Seita yang melanjutkan balapan, juga tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk mempertahankan posisi pertama hingga bendera finish dikibarkan dengan lap time 1:00:32.461.
Kombinasi kerjasama antara kedua pembalap serta setting engineer TGRI atas performa mobil, tidak heran jika performa tim berada di level terbaik ketika memulai race ke-2, Minggu (31/8). Seita yang bertukar posisi sebagai starter, terus bertahan di posisi pertama hingga pit stop. Haridarma yang makin matang, bertarung cukup tenang untuk menjaga poin kemenangan penuh dengan catatan waktu 1:00:51.766.

Podium pertama dari 2 seri lomba back-to-back ini, memperkokoh posisi TGRI di puncak klasemen sementara pembalap dan tim Japan Cup 2025 Kelas GT4. Mereka merebut 150 poin dari 6 kemenangan, dimana posisi ke-2 meraih 108 poin dan posisi ke-3 hanya 45 poin. Artinya, trofi champion tahun ini terbuka lebar asalkan keduanya konsisten melaju di jalur kemenangan pada seri penutup.
“Didukung oleh tim engineer TGRI yang makin paham karakter mobil dan sirkuit di Jepang, Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka berhasil sapu bersih podium juara semua seri, sekaligus membuka peluang besar meraih gelar juara pembalap dan tim di balapan Grand Touring Jepang,” tutup Jap.
