Bekerjasama dengan PT Kalista Soter Hastia, perusahaan penyedia ekosistem kendaraan listrik komersial di Indonesia. Perusahaan solusi hygiene dan sanitasi ecoCare yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan mencatatkan efisiensi energi hingga 55% dan penurunan emisi karbon sebesar 65% melalui uji coba kendaraan listrik selama hampir dua bulan.
“Kemitraan ini menegaskan komitmen KALISTA sebagai mitra operasional end-to-end yang mendampingi pelaku industri dalam transisi menuju kendaraan listrik. Di tengah meningkatnya kebutuhan efisiensi dan regulasi ramah lingkungan, kami percaya bahwa masa depan logistik bergantung pada solusi yang tidak hanya andal dan hemat biaya, tapi juga siap menjawab tuntutan keberlanjutan jangka panjang.” ujar Albert Aulia Ilyas, Direktur Utama KALISTA.
Dalam uji coba ini, KALISTA menyediakan unit blind van listrik unit DFSK Gelora E-Blindvan sejak 29 April hingga 28 Juni 2025 untuk kendaraan operasional ecoCare. Dengan jarak tempuh harian rata-rata 60 km, kendaraan listrik komersial ini digunakan untuk distribusi produk seperti sabun, karpet, dan kantong plastik sampah.
Hasil pengujian inilah yang menjadi dasar kerja sama jangka panjang antara KALISTA dan ecoCare, termasuk dalam penyesuaian jenis armada, penempatan stasiun pengisian daya, dan skema biaya yang efisien. Implementasi blind van listrik sejalan dengan konsep “Think Green”, milik ecoCare yang mendorong layanan ramah lingkungan.

Dengan beralih ke kendaraan listrik, ecoCare berupaya mengurangi emisi karbon sekaligus meningkatkan efisiensi distribusi. “Keberlanjutan bukan hanya pilihan, tapi tanggung jawab perusahaan. Inisiatif ecoCare bersama KALISTA adalah bentuk nyata komitmen perusahaan dalam menerapkan operasional yang lebih hijau, efisien, dan berorientasi pada masa depan.” sebut Wincent Yunanda,CEO ecoCare Group Company
Mendukung transisi tersebut, KALISTA menyediakan skema menarik berupa penyewaan jangka panjang, yang memungkinkan customer mengalihkan kebutuhan investasi awal yang besar untuk kendaraan listrik menjadi pengeluaran biaya bulanan. Dalam skema ini, KALISTA juga menanggung biaya asuransi kendaraan serta menyediakan layanan purna jual, termasuk penyediaan suku cadang dan perawatan rutin maupun non-rutin.
Di samping itu, KALISTA juga menugaskan SDM dan mekanik yang siap siaga 24 jam. Kolaborasi KALISTA dan ecoCare diharapkan menjadi contoh nyata bagi industri logistik dalam mengadopsi kendaraan operasional yang ramah lingkungan, sekaligus menunjukkan komitmen KALISTA sebagai pionir dalam ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dalam mendukung target Indonesia mencapai net-zero emission pada tahun 2050.